29.1 C
Banjarmasin
Rabu, Juli 17, 2024

Tentang Apoteker.Net
About

Apoteker.Net adalah situs yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi dan layanan bagi para profesional farmasi dan apoteker serta masyarakat umum.

Kami memahami betapa pentingnya memiliki informasi yang akurat dan terkini bagi para profesional dalam bidang ini, sehingga kami bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi para pengunjung situs kami.

Logo Apoteker Square

Sejarah

Tahun 2010, Founder kami, Jimmy Ahyari memenangkan sebuah kontes SEO yang berhadiah domain dan hosting gratis. Saat itu Jimmy masih menempuh pendidikan profesi apoteker di Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta. Sebelumnya mengenyam pendidikan S1 Farmasi di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Dari hadiah domain gratis tersebut, Jimmy memilih domain "apoteker.net". Karena sesuatu dan lain hal, pihak penyelenggara kontes tidak memberikan akses penuh terhadap domain apoteker.net ini. Hosting yang dijanjikan pun tidak mumpuni, sering down tanpa alasan yang jelas. Karena domain memiliki masa aktif satu tahun, sehingga tahun berikutnya harus dilakukan renewal atau perpanjangan untuk tetap bisa menggunakan. Jimmy sudah berusaha menghubungi pihak panitia pemberi hadiah, namun tidak berhasil.

Hasilnya, domain apoteker.net gagal diperpanjang. Karena ini domain yang bagus, tidak perlu menunggu waktu lama sudah ada orang lain yang membeli domain ini kembali. Tahun 2011 harus merelakan domain apoteker.net berpindah tangan.

Sekian tahun berlalu, sudah pasrah dengan "kepergian" domain apoteker.net. Pernah sesekali mencoba mencari tahu apakah domain ini sudah bisa dibeli kembali, dan ternyata, domain ini dibeli orang lain untuk dijual kembali dengan harga yang cukup mahal, di luar harga normal sebuah domain per tahun. Pupus harapan memiliki nama domain yang sesuai dengan profesi apoteker yang dimiliki Jimmy.

Hingga pada tahun 2019, iseng-iseng melakukan pengecekan, dan nama domain apoteker.net berwarna hijau! Artinya domain ini "tersedia" dan bisa dibeli. Tanpa pikir panjang, langsung dibeli kembali domain yang sudah 8 tahun lebih terlepas.

Apakah "drama" domain ini selesai? Sayangnya belum. Domain ini jika diperiksa di web archive, pernah digunakan untuk situs berbahasa China, yang jika sepintas dicek melalui translator online, situsnya memiliki konten tentang ob*t ku*t dan pernah dijadikan menjadi situs Jud* juga. Jenis situs seperti ini Google tidak suka. Terlebih di Indonesia.

Singkat cerita, Jimmy harus mengembalikan "reputasi" nama domain ini di mata Google. Cukup berat karena harus menghapus (disavow) beberapa tautan balik (backlink) yang tidak wajar pada domain apoteker.net.

Butuh sedikitnya 10 bulan untuk recovery nama domain ini. Alhamdulillah, saat ini Google sudah mengenalinya sesuai dengan apa yang Jimmy harapkan saat membangun pertama kali di 2010 silam.

Informasi dan Layanan

Dulu, sebagai mahasiswa, mencari referensi tentang perkuliahan farmasi dan apoteker di ranah maya terbilang cukup sulit. Jikapun ada, umumnya berbahasa Inggris. Inilah salah satu yang mendasari dibuatnya situs apoteker.net ini.

Seiring berkembangnya zaman, selain berbagi tulisan informasi terkait dunia farmasi dan profesi apoteker, apoteker.net juga menyediakan beberapa layanan seperti Jasa Sewa Zoom dan Aplikasi Software Apotek Online.

Jasa sewa Zoom kami sediakan ketika pandemi covid19 menyebar, tepatnya tahun 2021. Banyak organisasi dan apoteker yang membutuhkan akun zoom tanpa batas waktu dengan biaya yang terjangkau dan mudah. Sampai sekarang, kami masih melayani permintaan sewa bahkan dari pihak umum yang menemukan halaman kami di hasil pencarian.

Untuk Software Apotek, baru dirilis pada Januari 2022. Sebenarnya sudah lama ingin meluncurkan aplikasi untuk apotek. Namun karena keterbatasan tenaga, hingga selalu tertunda. Perbedaan paling mencolok software apotek dari Apoteker.Net dengan yang lain adalah, dengan software kami, pemilik apotek bisa menggunakan domain miliknya sendiri (seperti NamaApotekAnda.com) sehingga segala data transaksi apotek, hanya pihak apotek yang tahu. Sotware atau aplikasi tidak "nebeng" di domain milik penyedia software apotek. Keuntungan lain menggunakan domain sendiri adalah branding. Anda bisa membuat web tentang profil apotek dan menggunakan email NamaAnda@NamaApotekAnda.com.


Akhir kata, terimakasih sudah membaca sampai akhir. Kami sadar, masih banyak kekurangan di sana sini, untuk itu, kami meminta maaf.
Anda juga bisa jika ingin berkontribusi dengan mengirimkan tulisan ke email kami admin[at]apoteker.net.
Jangan lupa follow semua akun media sosial kami dan bergabung di Forum Apoteker Indonesia

error: