Anak Balita Yang Sehat

Semenjak lahir ke dunia setiap anak wajib mendapat pemeriksaan kesehatan anak yang dilakukan dalam waktu satu bulan sekali. Posyandu merupakan tempat untuk mengontrol kesehatan anak-anak balita yang terdiri dari berbagai pemeriksaan. Pemeriksaan rutin seperti ini merupakan salah satu program pemerintah sehingga tidak dipungut biaya apapun. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi para orang tua untuk tidak memeriksakan kesehatan balitanya ke tempat ini.

anak balita sehat

Di tempat ini setiap anak mempunyai buku catatan atau KMS sendiri yang isisnya merupakan gambaran dari pertumbuhan yang dialaminya. Mulai dari berat badan, tinggi badan sampai ke kondisi tubuhnya mendapat pemeriksaan oleh pihak dokter atau bidan yang sudah tersedia. Adapun beberapa vitamin yang diberikan dalam jangka waktu tertentu guna membantu pertumbuhan anak balita tersebut. Salah satu vitamin yang rutin diberikan adalah vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Dalam buku pemeriksaan kesehatan atau KMS setiap anak dapat dilihat dari garis yang menunjukkan pertumbuhannya. Untuk anak yang sehat pastinya garis pertumbuhan dalam buku pemeriksaannya terus naik dan berada di atas garis merah. Garis merah merupakan garis batas berat badan minimum anak di setiap usianya hingga lima tahun. Jika garis tersebut terlihat tetap lurus, menurun bahkan ada di bawah garis merah tandanya anak tersebut harus mendapat perawatan gizi khusus.

Dengan adanya posyandu setiap anak balita kemungkinan besar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Terutama penyakit gizi buruk yang ditandai dengan anak tersebut tidak mengalami kenaikan berat badan dan cenderung terlihat lemas. Pemeriksaan kesehatan anak ini wajib dilakukan hingga anak berusia 5 tahun karena usia ini merupakan awal pertumbuhan baik setiap orang. Pastinya setiap orang tua yang normal akan selalu membawa anaknya ke posyandu untuk mengontrol pertumbuhan buah hatinya.

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.