Kelebihan dan Kekurangan Membeli Obat di Apotik Online

Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi semua orang termasuk dalam melakukan pembelian obat melalui apotik online. Apotik dengan sistem online kini telah ada dimana-mana. Memberikan banyak manfaat kepada para pasien yang membutuhkan obat dengan praktis. Selain memberikan manfaat, sistem online ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari pembelian obat melalui apotik online adalah:

  1. Kelebihan:
  • Cara yang diberikan sangat mudah,

Kelebihan pertama yang dapat dirasakan dari melakukan pembelian obat secara online adalah transaksi pembelian yang dilakukan sangat mudah dan efisien, karena seseorang hanya perlu memesan via online dan melakukan pembayaran melalui transfer maka obat akan dikirim oleh pihak penjual. Begitupun bagi orang dewasa yang telah lanjut usia atau orang cacat dan lain sebagainya yang membutuhkan obat namun tidak bisa untuk pergi ke apotik secara langsung maka dapat dengan mudah membelinya secara online.

  • Hemat waktu,

Bagi seseorang yang memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak memiliki waktu untuk pergi ke apotik maka dengan adanya sistem online ini akan memudahkan orang tersebut untuk mendapatkan obat. Selain itu bagi para manula yang akan terbantu dengan adanya sistem online karena mereka tidak perlu meminta perhotelan kepada orang lain untuk mengantarnya ke apotik.

  • Dapat menjaga kerahasiaan pelanggan,

Keuntungan selanjutnya adalah pihak apotik dengan sistem online ini akan menjaga kerahasiaan para pelanggan yang membeli obat. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda yang memiliki penyakit namun tidak ingin diketahui oleh orang lain maka apotik ini sangat membantu sekali agar Anda bisa mendapatkan obat.

  • Memperoleh informasi selengkap-lengkapnya,

Selain caranya yang mudah, membeli obat di apotik dengan sistem online ini para pelanggan secara tidak langsung bisa berkonsultasi kepada dokter terkait tanpa harus bertatap muka. Bukan hanya itu saja, tapi para pelanggan juga bisa mendapatkan informasi selengkapnya tentang penyakit dan obat-obat yang diperlukan.

  1. Kekurangan:
  • Kurang komunikasi,

Selain memudahkan, sebenarnya dengan membeli obat melalui apotik dengan sistem online ini sebenarnya para pelanggan akan sulit berkomunikasi bersama apoteker dalam hal penyakit yang diderita, sehingga pelanggan atau pasien kurang mendapatkan penaksiran yang tepat dari seorang apoteker.

  • Terjadi penyelewengan,

Banyak sekali kejahatan yang terjadi dalam dunia internet termasuk pembelian obat. Untuk itu berhati-hatilah agar tidak terjadi penyelewengan bahkan penipuan dari sang apoteker karena tidak berkontak langsung.

  • Tidak mengetahui keadaan obat yang sebenarnya,

Sering kali pelanggan tidak mengetahui kondisi obat yang diberikan oleh apoteker. Misal, tanggal kadaluarsa telah melampaui batas. Untuk itu lebih berhati-hatilah sebelum meminum obat tersebut.

Walaupun memberikan manfaat kemudahan, namun dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari apotik online tersebut, maka disarankan bagi Anda para pasien agar berhati-hati dalam membeli obat agar penyakit yang diderita dapat disembuhkan.

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.