Solusi Diet Tepat untuk Para Penderita Maag

Penyakit maag sering dianggap sebagai biang keladi gagal diet oleh banyak orang. Sehingga orang kerap takut memulai diet karena khawatir maagnya akan kambuh. Padahal sebenarnya diet tersebut bisa dilakukan tanpa mengganggu fungsi lambung. Asalkan kita cermat memilih cara menurunkan berat badan yang sehat dan alami.

Jadi, sebaiknya kita menyimak beberapa tips berikut ini bila ingin melakukan diet tanpa mengusik penyakit maag yang kita alami:

Cermat Memilih Jenis Makanan
Ada banyak sekali makanan yang bisa memicu timbulnya penyakit maag. Kita patut lebih cermat memilih jenis makanan supaya tidak mengganggu kondisi maag. Beberapa informasi penting seputar cara menurunkan berat badan bisa diakses di halaman GorryGourmet:
https://www.gorrygourmet.com/article/view/15/3-cara-jitu-untuk-menurunkan-berat-badan

Sehingga kita jadi lebih teliti menentukan jenis makanan terbaik untuk diet kita. Jangan khawatir dengan risiko diet bila kita sudah memahami kondisi tubuh kita. Karena diet sehat tidak akan membuat kita jatuh sakit.

Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering
Penderita maag memang tidak bisa merasakan lapar terlalu lama disertai jam makan tidak teratur. Oleh sebab itu, penderita maag wajib menyiasati dietnya dengan cara makan yang tepat. Makanlah dengan porsi kecil namun lebih sering. Makan 4 hingga 5 kali sehari dengan porsi kecil tidak akan memicu produksi asam lambung secara berlebihan. Tubuh pun akan beradaptasi dengan kondisi ini sembari melakukan proses pembakaran lemak secara maksimal.

Membatasi Makanan Pemicu Maag
Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu penyakit maag. Makanan tersebut antara lain cokelat, gorengan, makanan yang mengandung krim, makanan bercita rasa pedas, dan makanan dengan lemak tinggi. Bila kita mengurangi asupan makanan tersebut, berarti lambung kita tidak perlu bekerja keras. Risiko penyakit maag pun dapat diminimalkan.

Mengimbangi Pola Makan Sehat dengan Olahraga
Selain pola makan sehat, olahraga juga menjadi kunci kesuksesan diet. Kita harus berolahraga secara rutin demi mengimbangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Jangan khawatir akan merasa kelaparan setelah berolahraga. Karena kita dapat menyiasatinya dengan cara mengonsumsi makanan sebelum berolahraga. Menyantap biskuit, buah-buahan, dan camilan berbahan dasar oatmeal akan membuat kita lebih berenergi sebelum berolahraga.

Mulai sekarang pasti kita tidak khawatir lagi dengan kondisi penyakit maag yang kita alami. Karena maag tidak menghalangi kita untuk diet dan hidup lebih sehat. Jangan tunda lagi niat diet kita mulai hari ini!

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.