Manggis dan Kulitnya

Khasiat Manggis dan Kulitnya. Salah satu faktor utama penuaan dini adalah radikal bebas.  Tubuh kita dengan mudah  terkena radikal bebas di lingkungan tempat kita hidup, misalnya pada udara yang tercemar oleh asap kendaraan bermotor, asap rokok, air yang terpolusi, radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Maka daripada itu sebaiknya kita mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung antioksidan salah satunya buah manggis.

Penggemar buah manggis yang mempunyai rasa khas manis keasaman ini pasti sering mencicipi daging buahnya yang berwarna putih, namun bagaimana dengan kulitnya yang berwarna merah kehitaman?

khasiat manggis dan kulitnya
khasiat manggis dan kulitnya

Kulit dari buah bernama latin Garcinia mangostana L ini ternyata sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidannya lebih besar daripada yang terkandung dalam jeruk maupun pada daging buahnya sendiri. Zat aktif xanthone merangsang regenerasi sel rusak secara cepat sehingga membuat awet muda dan berperan menangkal radiasi bebas. Selain itu juga bermanfaat sebagai antikanker, pengaktif kekebalan tubuh.

Kulitnya yang pahit membuat tidak banyak orang berkenan mencicipinya. Namun, di luar negeri dengan bantuan teknologi kulit manggis sudah dijadikan minuman siap jadi seperti jus dan sirup. Yang kebanyakan bahan mentahnya diekspor dari negeri kita . 🙁

jadi bagaimana ? apakah anda tertarik mengkonsumsi kulit manggis ?