Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI)

Apoteker.Net – Buku Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI) merupakan buku yang berisi informasi obat yang akurat, tidak bias, serta ringkas dan mudah untuk digunakan sebagai referensi oleh tenaga kesehatan. Buku IONI pertama kali diterbitkan pada tahun 2000. Seiring dengan perkembangan dunia kesehatan, berbagai obat baru telah ditemukan dan dipasarkan di Indonesia. Oleh karenanya Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) telah melakukan revisi buku IONI 2000, IONI 2008 dan menerbitkan buku IONI 2013 ini.

Buku IONI 2013 ini direvisi berdasarkan data ilmiah terkini (scientific-based data) dan informasi approved label dari produk obat yang beredar di Indonesia yang telah disetujui oleh Badan POM melalui evaluasi keamanan, khasiat, dan mutu yang berbasiskan bukti (evidence-based medicine). Informasi lainnya juga dirujuk dari berbagai acuan farmakologi seperti Current Medical Diagnosis and Treatment (CMDT), Farmakologi dan Terapi, dan informasi program kesehatan bagi masyarakat seperti Program Penanggulangan Tuberkulosis, Program Pemberantasan Penyakit Malaria, Program Penyelenggaraan Imunisasi, dan Program Waspada Flu Burung.

Secara garis besar, IONI 2013 terdiri dari tiga bagian, Pedoman Umum, Informasi Obat, dan Lampiran. Pada masing-masing bagian mengalami penyesuaian dengan penambahan informasi. Bagian Pedoman Umum mengalami penambahan informasi yang penting untuk diketahui, seperti Penggolongan Obat, Peresepan pada Kehamilan, Peresepan pada Laktasi, serta Daftar Bahan Obat yang Dilarang Digunakan pada Olahragawan (Anti-Dopping). Bagian Informasi Obat dibagi dalam 18 Bagian kelas terapi, yang masing-masing terdiri atas informasi kelas terapi dan monografi obat serta informasi mengenai penanggulangan pada keracunan. Dua Bagian kelas terapi yang ditambahkan dari buku sebelumnya yaitu Bab 17. Media Kontras dan Bab 18. Radio Farmaka. Monografi obat hanya terdiri dari obat-obat yang telah mendapat izin edar dari Badan POM dan beredar di Indonesia. Bagian Lampiran terdiri dari 6 bagian, masing-masing Interaksi Obat, Gagal Hati, Gagal Ginjal, Kehamilan, Menyusui, serta Petunjuk Praktis Penggunaan Obat yang Benar.

Dalam rangka penyempurnaan pada revisi IONI berikutnya, Tim Penyusun dengan senang hati akan menerima segala kritik, saran dan komentar dari para pembaca.

Sebagi akhir kata, Tim Penyusun IONI 2013 menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penerbitan Informatorium Obat Nasional Indonesia 2013. Tim Penyusun sangat berharap IONI 2013 ini dapat memberi manfaat dan kontribusi nyata bagi pelayanan informasi obat pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya serta mendukung pengunaan obat yang rasional oleh tenaga kesehatan.

Jakarta, Desember 2013
Tim Penyusun IONI 2013
Pusat Informasi Obat Nasional

Daftar Isi Buku IONI:


Update: 6 Maret 2023 Last Update 2.11 Syok Hipertensi
Yang lain akan menyusul jika sudah ditulis ulang.
Semua informasi terkait IONI bersumber dari buku IONI.

Hanya seorang Apoteker biasa; Tidak pintar; Tidak bodoh; -Berbagi tidak Pernah Rugi- :)
Lihat semua tulisan 📑.