Tips menghindari infeksi bakteri dan virus yang ada di toilet umum

Toilet umum memang toilet yang digunakan bersama. Kita tidak tahu bakteri atau virus apa yang ada di situ. Namun yang pasti toilet umum adalah tempat jutaan bakteri berkemangbiak dan sangat memungkinkan untuk pindah ke tubuh anda. Memang tidak ada pilihan lain selain menggunakan toilet umum ketika sedang berpergian dan jauh dari rumah. Bila ditahan juga akan membuat tubuh anda sakit. Jadi lebih baik menggunakan toilet umum namun ada cara untuk pencegahan infeksi bakteri dan virus yang ada di toilet umum. Berbagai mancam bakteri dan virus yang berada di toilet umum antara lain seperti bakteri E. Coli, virus hepatitis A, shigella bacteria, staphylococcus, streptococcus, dan organisme penyebab penyakit menular lainnya. Namun tidak semua dari bakteri dan virus itu bisa menular atau membuat anda terinfeksi. Karena jika anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan selalu menjaga kebersihan makan anda akan susah untuk terinfeksi.

Tips yang pertama adalah menggunakan toilet cover atau bisa dengan tisue untuk toilet yang menggunakan wc duduk. Alangkah baiknya jika menggunakan toilet jongkok karena tidak ada kontak langsung dengan wc yang digunakan. Karena toilet duduk sangat banyak mengandung bakteri dan virus.

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan keperluan toilet yang anda bawa sendiri. seperti tisu atau lap tangan. Ini bertujuan untuk agar anda tidak perlu bersentuhan dengan benda-benda lainnya di toilet. Karena lap tangan yang tersedia di wc umum belum tentu bersih. bisa saja orang yang memakai lap tangan tersebut sebelum anda belum membersihkan tangannya dengan bersih.

cuci tangan untuk mencegah infeksiDan tips yang terakhir adalah selalu cuci tangan dengan sabun. Setelah menggunakan toilet atau benda toilet lainnya, anda wajib untuk mencuci angan dengan air dan sabun. Usahakan menggunakan sabun lifeboy clini-shield 10 yang mampu menghilangkan kuman dan bakteri serta virus yang menempel di tangan anda. Setelah mencuci tangan dengan bersih sebaiknya anda jangan memegan sesuatu yang berada di toilet lagi. Jadi tips ini beguna sekali jika anda menggunakan toilet umum. Agar pencegahan infeksi bisa anda lakukan sedini mungkin.

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.