Terkait Rencana Konsolidasi, Dua BUMN Farmasi Berencana Gelar RUPS?

2 BUMN Farmasi akan mengadakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) tahunan pada tanggal 26 Maret 2014. 2 BUMN Farmasi itu adalah PT. Indofarma Tbk. (INAF) & PT. Kimia Farma Tbk. (KAEF). Namun, rencana konsolidasi 2 BUMN Farmasi itu tidak termasuk dalam agenda yang akan dibahas di dalam RUPS tersebut.

Berdasarkan pengumuman kepada publik, Selasa (11/3/2014), sejumlah agenda yang akan dibahas oleh masing-masing emiten farmasi itu antara lain persetujuan laporan tahunan 2013, laporan kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) 2013, penetapan gaji dan honorarium, penjunjukkan akuntan publik, persetujuan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN, dan perubahan susunan pengurus perseroan.

Dua BUMN Farmasi Berencana Gelar RUPS

Seperti diketahui, rencana penggabungan BUMN sektor farmasi itu telah lama diwacanakan, tetapi hingga saat ini masih belum juga terealisasi. Berdasarkan catatan Bisnis.com, (Jumat, 28/2/2014), pemerintah berharap dapat merealisasikan penggabungan BUMN farmasi itu pada tahun ini.

Namun, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN Dwijanti Tjahjaningsih menuturkan aksi korporasi itu memang butuh waktu karena melibatkan sejumlah lembaga negara, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, serta Sekretaris Kabinet.

Saat ini, ada tiga perusahaan farmasi yang tercatat sebagai BUMN, yaitu Kimia Farma, Indofarma, dan PT Biofarma.
Dari ketiganya, pemerintah akan menggabungkan dua perusahaan yang dinilai memiliki bisnis serupa, yaitu Kimia Farma dan Indofarma. Sementara itu, Biofarma tidak masuk ke dalam konsolidasi itu karena dinilai memiliki bisnis strategis.

sumber: https://m.bisnis.com/market/read/20140311/192/209645/dua-bumn-farmasi-berencana-gelar-rups-terkait-rencana-konsolidasi

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.