29.1 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

Histologi Sistem Peredaran Darah dan Saraf

Apoteker.Net – Sistem peredaran darah dan sistem saraf merupakan bagian penting dari tubuh manusia yang memiliki struktur dan fungsi yang unik.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah adalah sistem yang terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan darah. Jantung adalah organ yang berfungsi sebagai pompa yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah terdiri dari arteri, vena, dan kapiler. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh ke jantung. Kapiler adalah pembuluh darah terkecil yang menghubungkan arteri dan vena, dan merupakan tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida antara darah dan jaringan.

1. Sistem Peredaran Darah Arteri

a. Arteri Elastis

Dimulai dari lumen ke arah luar, dindingnya dibangun oleh lapisan-lapisan:

  1. tunika intima, yang terdiri atas endothelium berupa epitel selapis pipih yang membatasi lumen, subendotelium berupa jaringan ikat kendur, lamina elastika interna berupa membran-membran elastin,
  2. tunika media, terdiri atas sel-sel otot polos, membran-membran elastin, serabut elastin dan serabut kolagen,
  3. tunika adventisia, terdiri atas lamina elastika eksterna dan jaringan ikat

b. Arteri Penyebar

Dinding arteri penyebar dari arah lumen ke luar dibangun oleh lapisan:

  1. tunika intima, yang terdiri atas endothelium, subendotelium, lamina elastika interna,
  2. tunika media, terdiri atas sel-sel otot polos, serabut elastin, serabut retikulin dan serabut kolagen,
  3. tunika adventisia, terdiri atas lamina elastika eksterna dan jaringan ikat

c. Arteriol

Dinding arteriol dari arah lumen ke luar dibangun oleh lapisan-lapisan sebagai berikut:

  1. tunika intima, yang terdiri atas endothelium dan lamina elastika interna,
  2. tunika media, terdiri atas sel-sel otot polos,
  3. tunika adventisia, terdiri jaringan ikat

d. Kapiler Darah

Lumen kapiler darah pada sayatan melintangnya tampak dibatasi oleh lapisan endothelium yang terdiri atas satu atau dua sel endotel. Di sebelah luarnya diliputi oleh serabut-serabut retikulin

2. Sistem Peredaran Darah Vena

a. Vena ukuran besar

Dindingnya dari arah lumen ke luar terdiri atas a) tunika intima, terdiri atas endothelium dan lamina elastika interna yang tipis, b) Tunika adventisia, merupakan lapisan yang tebal yang terdiri atas lapisan jaringan ikat dan lamina elastika eksterna

b. Vena ukuran sedang

Dindingnya dari arah lumen ke luar terdiri atas

  1. tunika intima, terdiri atas endothelium dan lamina elastika interna yang tipis,
  2. tunika media, lapisan tipis dari sel-sel otot polos,
  3. tunika adventisia, merupakan lapisan yang tebal yang terdiri atas lapisan jaringan ikat

c. Venul

Dindingnya dari arah lumen ke luar terdiri atas a) endothelium, lapisan otot polos yang tipis dan jaringan ikat

Sistem Saraf

Sistem saraf adalah sistem yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan serabut saraf. Otak adalah organ yang berfungsi sebagai pusat kontrol dan koordinasi seluruh aktivitas tubuh. Sumsum tulang belakang adalah organ yang berfungsi sebagai jalur komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya. Serabut saraf adalah bagian dari sistem saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya melalui sinyal elektrik. Struktur organ yang termasuk sistem saraf secara histologi:

1. Akhiran Saraf Motoris

Adalah serabut saraf yang percabangannya berakhir pada keping akhir motoris yang melekat pada serabut otot bergaris melintang

2. Saraf Periferi

Adalah saraf yang dibangun oleh berkas-berkas serabut saraf yang disebut fasikuli saraf. Jaringan ikat yang membungkus seluruh berkas saraf disebut epineurium. Jaringan ikat yang membungkus fasikulum saraf disebut perineurium, dan jaringan ikat yang membungkus satu serabut saraf disebut endoneurium.

Jaringan yang terdapat dalam sistem peredaran darah dan sistem saraf memiliki struktur dan fungsi yang unik. Sebagai contoh, jantung terdiri dari otot jantung yang memiliki struktur yang khusus untuk memompa darah, dan arteri terdiri dari lapisan otot yang membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan tekanan yang tinggi. Otak terdiri dari sel-sel saraf yang memiliki struktur yang khusus untuk mengirim dan menerima sinyal elektrik, dan serabut saraf terdiri dari sel-sel saraf yang memiliki struktur yang khusus untuk mengirim sinyal elektrik ke seluruh tubuh.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang apoteker yang juga menyukai dunia internet dan teknologi informasi. Just google my name. 🤣
Continue Reading

Disclaimer: Artikel yang terdapat di situs ini hanya bertujuan sebagai informasi, dan bukan sebagai referensi utama atau pengganti saran/tindakan dari profesional.