Apoteker.Net – Seorang pernah bercerita “itu, si apoteker di RS belum mengirimkan draft tulisannya”, sontak saya kaget mendengar “si apoteker” karena setahu saya, orang yang dimaksud pendidikan terakhirnya adalah D3 Farmasi, namun bekerja di apotek sebuah rumah sakit. Dari sini saya menyimpulkan, bagi orang awam, semua yang bekerja di apotek adalah apoteker.

Sebelum masuk ke bagian pertanyaan paling banyak dicari di internet terkait dengan Apoteker, ada baiknya saya menuliskan dulu apa itu Apoteker.

Apoteker adalah sebuah gelar profesi untuk orang yang sudah bersumpah jabatan Apoteker (Apt.). Sebelum menjadi seorang Apoteker, terlebih dahulu menyelesaikan studi S1 Sains (S.Si) atau S1 Farmasi (S.Farm) kemudian dilanjutkan dengan Pendidikan Profesi Apoteker baru proses pengucapan sumpah profesi..

Dan berikut ini adalah pertanyaan yang paling sering diketikan di Google terkait profesi Apoteker:

  1. Berapa Gaji Seorang Apoteker? Berapa gaji pegawai farmasi perbulan?
    Jawaban atas pertanyaan ini tergantung dari posisi/jabatan/masa kerja dll. Sama saja dengan profesi yang lain. Hanya saja, jika bukan di instansi pemerintah (semua ASN umumnya sama saja gajinya/tergantung pangkat golongan jabatan), tentu bisa “tawar-menawar” di perusahaan swasta. Yang pasti, gaji Apoteker paling tidak sudah UMR (Upah Minimum Regional). Lebih dari UMR? Sangat mungkin.
  2. Apa tugas seorang apoteker?
    Sebagai bagian dari pelayanan kesehatan profesional, apoteker memiliki fokus pada keamanan dan efektivitas obat dari mulai obat dibuat, dikemas, didistribusikan, disimpan hingga sampai ke tangan pasien. Pendeknya seperti ini tugas seorang Apoteker.
  3. Apoteker gelarnya apa?
    Saat ini, Apoteker gelarnya adalah “apt.” dan diletakan di depan nama. Contohnya:
    apt. Drs. Riskan Noor
    apt. Dra. Leny Syanjaya
    apt. Barry Hafiz Ahyari, S.Farm, M.Sc.
    – Dr. apt. Miaty Almira, S.Farm
    – Prof. Dr. apt. Riskan Noor, M.Si.
    – Prof. apt. Jimmy Ahyari, M.Sc., Ph.D
    (note: nama hanya rekaan untuk contoh, bukan asli)
  4. Apa beda farmasi dengan apoteker?
    Seperti penjelasan di atas, apoteker adalah profesi. Sedangkan farmasi adalah nama bidangnya. Dalam bahasa Inggris, Apoteker disebut pharmacist . Sedangkan Farmasi dalam bahasa Inggris adalah Pharmacy.
  5. Apa itu jurusan Apoteker? Apa itu Pendidikan Apoteker?
    Program Pendidikan Profesi Apoteker adalah pendidikan bagi seorang sarjana farmasi (S1 Farmasi) yang ingin melanjutkan studinya untuk menjadi profesi Apoteker.
  6. Berapa lama pendidikan profesi Apoteker?
    Saat ini, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan profesi Apoteker adalah 1 tahun.
  7. Apakah lulusan S1 farmasi bisa langsung kerja? Lulusan S1 Farmasi jadi apa?
    S1 Farmasi “didesain” untuk lanjut ke Profesi Apoteker. Namun, jika memang situasi dan kondisi tidak memungkinan untuk lanjut ke profesi Apoteker, lulusan S1 Farmasi bisa menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian (dulu disebut Asisten Apoteker).
  8. Lulusan D3 Farmasi jadi apa? Kerja apa?
    Bisa menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian/Asisten Apoteker.

Nah, itu tadi pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak dan sering ditanyakan ke mbah Google. Mudah-mudahan sedikit-banyak bermanfaat.
Image Credit: Foto Apoteker Angkatan V Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan

2 COMMENTS

    • Hahaha.. Hanya contoh pak.. Takutnya menulis nama orang lain nanti kalau ada yang tersinggung, jadi nama yang ada saja.. hihihi

Leave a Reply