Cara Perpanjangan e-STRA SIPORLIN

SIPORLIN merupakan kependekan dari Sistem Informasi Portofolio SKP Online

0
378
Aplikasi Registrasi e-STR Tenaga Kesehatan

Apoteker.Net – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) baru-baru ini menerbitkan tata cara perpanjangan STRA secara elektronik. Namun, ini bukan seperti versi sebelumnya. Sekarang ada keterangan SIPORLIN (Sistem Informasi Portofolio SKP Online).

Anda bisa menyimaknya di file yang ada di bawah ini:

Yang paling kentara perbedaannya adalah alamat URL STRA versi terdahulu dengan yang sekarang. Jika sebelumnya mengurus STRA melalui alamat http://stra.kemkes.go.id/ sekarang beralamat di https://ktki.kemkes.go.id/ dan “terintegrasi” dengan aplikasi SIAp.

Yang “ANEH”, pada cara yang diberikan oleh IAI di atas (halaman 12, ada keterangan “dapat dicetak berkali-kali tanpa perlu legalisir”); namun, dalam situs ktki.kemkes.go.id kami menemukan gambar tentang tata cara legalisir seperti berikut:

Cara Pengajuan Legalisasi STR versi 2

Mengapa demikian? Bisa jadi belum ada “update” terbaru dari situs ktki.kemkes.go.id terkait aturan legalisir ini mengingat apoteker baru saja menggunakan KTKI Kemkes ini.

Kita lihat nanti seperti apa. Tulisan ini pun bisa saja diperbaharui jika SIAp sudah bisa diakses atau ada perubahan di halaman ktki.kemkes.go.id. Jangan lupa berlangganan  gratis artikel di sini via email agar jika ada artikel baru, Anda akan mendapatkan notifikasinya via email langsung 😉

UPDATE 5 Januari 2022

Setelah membuka http://stra.kemkes.go.id/, ternyata ada surat edaran terkait hal ini yang bisa Anda baca di bawah ini:

Melihat Surat Edaran Penerbitan Surat Tanda Registrasi Apoteker Elektronik eSTRA di atas, bisa jadi memang tidak perlu legalisir lagi karena sudah menggunakan QRCode. Kami ingin menuliskan kembali agar mudah ditemukan di mesin pencari Google, tapi surat edaran tersebut murni hasil scan berformat gambar/bukan teks sehingga, hanya bisa melampirkan file PDF nya saja. Mudah-mudahan membantu Anda yang ingin memperpanjang STRA nanti.

Komentar