Manfaat Sabun Cuci Piring Sebagai Pembersih Ampuh

Memiliki noda yang membandel memang terkadang menjengkelkan. Berbagai cara dan tips dicari misalnya di cleanpedia agar dapat menghilangkan noda tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan sabun cuci piring. Cara membuat sabun cuci piring bisa dikatakan tidaklah mudah. Selain dapat menghilangkan noda yang ada di piring, sabun yang biasanya digunakan untuk mencuci piring tersebut ternyata memiliki berbagai manfaat yang dapat dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Manfaat Sabun Cuci Piring Sebagai Pembersih Ampuh

Salah satu kegunaan sabun untuk cuci piring adalah untuk menghilangkan noda minyak yang ada di baju. Jenis minyak yang dapat dibersihkan yaitu minyak goreng, pelumas dan lemak. Keuntungannya cara ini adalah tidak membuat pakaian luntur. Cara membersihkannya yaitu:

  • Mengoleskan sabun ke bagian baju yang terkena noda.
  • Gunakan jari untuk membantu sabun meresap ke kain. Untuk noda membandel, oleskan sabun berkali-kali.
  • Bilas baju dengan air bersih dan baju dapat dicuci seperti biasanya dengan menggunakan deterjen yang berkualitas.

Selain membersihkan noda minyak, sabun yang biasanya digunakan untuk mencuci dapat pula digunakan untuk menjaga kilau perhiasan. Caranya yaitu dengan mencampurkan soda dengan sedikit sabun ke dalam sebuah mangkuk dan kemudian rendam perhiasan dan aksesoris kurang lebih selama 5 menit. Kibaskan perhiasan di antara busa untuk membantu sabun masuk ke celah perhiasan yang tidak dapat dijangkau. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok noda yang membandel. Bersihkan dan keringkan.

Kegunaan lainnya dari sabun cuci piring diantaranya adalah:

  • Membersihkan kamar mandi dan lantai dapur dari keramik dan vinyl dengan mencampurkan 2 sdm sabun ke 1 baskom air hangat. Hindari penggunaan pada kayu keras karena dapat membuatnya mengelupas.
  • Membersihkan furniture teras dengan campuran sabun dan semangkuk air hangat untuk mengelap kursi dan meja. Bilas dengan bersih.
  • Membersihkan noda pada karpet dengan 2 cangkir air hangat dan 1 sdm sabun cair. Gunakan lap yang dicelupkan ke campuran tersebut dan ulangi hingga noda terserap dan menghilang. Bilas dengan air dingin dan gunakan kain bersih untuk mengeringkan.
  • Menjebak dan membunuh lalat dengan campuran 3 tetes sabun cair untuk mencuci piring ke 1 mangkuk cuka yang akan menarik perhatian serangga sehingga serangga masuk dan tenggelam.

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.