Ayam Kecap Spesial

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep ayam kecap spesial. Dicatat ya bunda.

ayam kecap spesial bango

Bahan – bahan yang diperlukan antara lain :
Untuk bahan utama tentunya 1 ekor ayam segar. Lalu dipotong menjadi 12 bagian.

Untuk bumbunya anda sediakan antara lain bawang merah lokal ukuran besar sebanyak 12 butir (kupas kulitnya dan potong tipis tipis), bawang putih ukuran besar sebanyak 2 butir (potong kulitnya dan iris tipis tipis untuk bumbu tumisannya), Kecap manis BANGO (kurang lebih sebanyak 10-11 sendok makan), Kecap Inggris untuk menyedapkan makanan kurang lebih sebanyak 1 sendok makan, jahe yang sudah dikupas kurang lebih sepanjang 5 cm, saus tomat kualitas baik kurang lebih sebanyak 2 sendok makan, saus sambal pedas kurang lebih sebanyak 1 sendok makan, lada halus atau lada bubuk secukupnya (kurang lebih cuma sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh), garam dapur beryodium secukupnya. Air dari perasan satu jeruk nipis ukuran sedang besar. Air bersih secukupnya, dan minyak makan secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara membuatnya, pertama siapkan ayam yang sudah dipotong. Cuci dengan air bersih. lalu rebus ayam hingga setengah matang di dalam panci rebusan. Angkat lalu tiriskan. Kedua siapkan penggorengan lalu tuang minyak makan secukupnya untuk menumis bumbu. Cukup gunakan api kecil untuk menumis bumbu. Masukkan irisan bawang merah dan juga irisan bawang putih. Tumis sejenak hingga tercium bau harum. Masukkan jahe yang sudah dicincang dan juga irisan cabe rawit jika ingin terasa pedas. Ketiga masukkan kecap manis BANGO dan juga kecap inggris. Aduk kembali hinngarata. Masukkan 2 sendok saos tomat dan juga saos sambalnya. Aduk kembali. Tambahkan air secukupnya agar ayam bumbu sedikit berkuah. Setelah bumbu merata masukkan potongan daging ayam yang telah direbus dan masih setengah matang. Tambahkan gula, garam, dan juga lada bubuk secukupnya. Cicipi terlebih dahulu, jika rasa belum pas anda bisa menambahkan kecap manis bango secukupnya. Angkat lalu sajikan hangat.

Itulah resep ayam kecap spesial.

I am very proud to be an editor at apoteker.net/blog (formerly known as www.farmasi.asia). If you have an interest in the world of publishing, let's join with us ;)
Lihat semua tulisan 📑.